77
Website

Manfaat Digital Marketing dan Efeknya Terhadap Bisnis

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pew Reserch Center menunjukakkn bahwa dalam tiga puluh tahun terakhir ini, penggunaan internet oleh orang dewasa kian meningkat secara drastis.

Bahkan di zaman seperti sekarang hampir tak ada anak muda modern yang lepas dari internet dan gadget berfitur dunia maya miliknya.

Itu artinya, kita harus mulai mengencangkan sabuk pengaman dan mulai mengubah target market secara konvensional menjadi online.

Digital marketing, begitulah cara penyebutan penargetan konsumen secara online yang akan kita lakukan.

Jika kita mampu mempelajari cara membuat blog digital marketing dan memasarkannya di media-media tertentu, maka bisa mendatangkan manfaat entah bagi diri sendiri ataupun perusahaan tempat kita bekerja.

Biar menjadi pertimbangan buat kamu, maka perhatikan 9 manfaat digital marketing yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan strategi modern semacam ini.

Diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan loyalitas pelanggan dengan komunikasi dua arah.
  2. Melibatkan pelanggan di setiap pembelian.
  3. Menarget segmentasi pasar secara lebih tepat dan akurat.
  4. Menghasilkan saluran penjualan yang konsisten.
  5. Mengoptimalkan dan mendapatkan tingkat konversi lebih baik.
  6. Dapat mengukur semua hasil secara akurat dengan data teraktual.
  7. Mendapatkan kredibilitas merk.
  8. Resiko lebih rendah, tapi untung lebih banyak.
  9. Tak ketinggalan zaman

Ada beberapa manfaat atau poin yang bahkan wajib kita utilisasi dalam jangka panjang. Misalnya, kata “tak ketinggalan zaman” di nomor 9 di atas bisa menentukan keberhasilkan perusahaan dan produk kita dalam jangka panjang.

Jangan sampai lapak kita bernasib sama seperti Giant atau Matahari yang tutup gegara tak bisa mengikuti perkembangan zaman.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kedua raja ritel di Indonesia tersebut mengalami penutupan besar-besaran akibat kehilangan banyak konsumen, yang mana diperparah dengan kemunculan wabah.

Entah malas atau kurang mampu berinovasi, kedua perusahaan besar tersebut tak mau mengikuti arah kebiasaan konsumen dari yang asalnya berbelanja konvensional menjadi online.

Makanya, perusahaan yang menggunakan sistem digital marketing cenderung lebih mampu selamat dari persaingan, sekalipun ketatnya minta ampun!